Kamis, 19 Mei 2011

UKURAN BOX SOUND SPEAKER YANG PAS UKURAN BOX SPEAKER




Berapa sih ukuran box speaker saya ukurannya 15" merk Audax dll katanya sdh browse SF kemana-mana tapi ga ketemu ukurannya.
Pada umunya ukuran nya sebagai berikut :

12" umumnya 35 x 38 x 40cm
15" umumnya 38 x 45 x 50cm
18" umumnya 45 x 50 x 55cm

ket :
ukuran bersih tanpa ketebalan si triplex, ini bukanlah ukuran paten tapi merupakan kemiripan rata-rata memiliki ukuran yg sedemikian +/- 5 cm sampai dengan +/- 15 cm.
posisinya P x L x T dan biasanya nilai P dan L diambil sama untuk menghindari kesalahan pengukuran dan pemotongan

UKURAN KAYU YANG DIGUNAKAN UNTUK SPEAKER

1. multiplex 18mm dan 21mm
saya pake yang 18mm untuk subwoofer 18" saya, gak mekar/stabil dihajar guncangan speaker... mudah dibentuk dan diikat dengan paku, baut ataupun lem sangat kuat... awet dan tahan lama karena tidak meresap air. ditempat saya harga untuk yang 18mm sekitar 90ribu - 100ribu perlembar (1 x 2 meter) yang 21mm sekitar 200ribuan perlembar.

2. Partikel pres 18mm dan 21mm
setahu saya ini masuk jenis MDF (Medium Density Board), biasa digunakan untuk furniture, kalo untuk box speaker, dihajar suara dari speaker langsung mekar bikin cepet rusak box nya (tidak awet) kelemahan lainnya :
- sambungan gak kuat karena paku, baut ataupun lem putih gak optimal mengikat sambungan, saya udah ngalamin suara-suara aneh keluar dari box speaker saya, karena gesekan di sambungannya.
- kalo pas main tiba-tiba hujan byuuurrr selesai main langsung jadi kardus basah box speakernya...
- finishing dempul, cat ataupun menggunakan cairan lain justru bikin cepat rusak kayunya karena gak tahan basah.

3. saya lupa namanya tapi bahannya seperti serbuk/bubur kertas yang di press ini lebih parah dari kayu partikel pres/MDF yang lain lanjut

BAHAN BAHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMBUAT BOX SPEAKER

1.Multiplex 18mm ukuran 1,24 M x 2,44 M / Lembar (Rp 200,000 x 2 = 400 rb)
2. Ram besi (istilahnya bolong2) 3 M x 60 cm (125,000 x 3 =Rp 375,000)
3. Lem Fox 600 Ml (Rp 6000)
4. Paku untuk 18mm (Rp 5000)
5. Cat kayu (black doff) Rp 42,000 + tiner Rp 11,000
6. Resin 4 Kg (Rp 18,000 x 4 = Rp 72,000)
7. Catalish 150 ml
8. Kasa Fiber 3 kg (Rp 12,000 x 3 = Rp 36,000)

* Harga hanya perkiraan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar