Rabu, 24 November 2010

Sekolah Kreatifitas


Sekolah Kreatifitas (SK) adalah suatu lembaga pendidikan yang didirikan untuk memberikan kesempatan pada anak didik mengembangkan potensi dan daya kreasinya secara optimal. Dalam hal ini pengembangan potensi dan daya kreasi anak didik terutama dalam bidang karya tulis.
Kenapa bidang karya tulis ini yang kita ambil? Karena dari sinilah semua pengembangan potensi kreasi akan berawal. Dan, melalui tulisan atau penyampaian secara lisan itulah kita bisa menyampaikan pemikiran atau angan-angan kepada pihak lain.
Oleh karena itu, dalam pendidikan ini ada dua bidang pokok yang akan dikembangkan pada anak didik, yakni pengembangan potensi dan daya kreasi dalam bentuk fiksi serta karya ilmiyah:

Untuk bidang fiksi meliputi :

1. Cerpen (Cerita Pendek)
2. Cerber (Cerita Bersambung)
3. Novel

Untuk bidang karya ilmiyah, meliputi :

1. Resensi Buku
2. Artikel Ilmiyah (popular)
3. Penulisan buku karya ilmiyah
4. Penulisan thesis
5. Penulisan Biografi

Masa Pendidikan

Masa atau waktu yang diperlukan dalam mengikuti pendidikan ini mulai dari 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan.
Untuk masa pendidikan 3 bulan bagi mereka yang mengikuti pendidikan penulisan Cerpen, Cerber
Untuk Masa Pendidikan 6 bulan bagi mereka yang mengikuti pendidikan penulisan Cerpen, Cerber dan Novel serta Biografi
Untuk masa pendidikan 12 bulan, bagi mereka yang mengikuti pendidikan penulisan Cerpen, Cerber, Novel serta karya tulis (Resensi buku, Artikel Ilmiyah Populer dan Thesis). Selama 12 bulan juga untuk pendidikan calon wartawan (Pendidikan Fungsional Journalistik)

Materi Pendidikan

Pendidikan di sekolah ini ditekankan kepada tujuan agar anak didik yang mengikuti pendidikan di sekolah ini bisa kemampuan untuk membuat karya tulis sesuai bidang yang dipelajarinya. Oleh karena itu, pendidikan di sekolah ini lebih banyak dalam bentuk praktek menulis bidang-bidang yang dipelajarinya.
Kalau diprosentase, pendidikan atau teori penulisannya hanya 30 persen, bahkan mungkin kurang. Sementara yang 70 persen atau lebih dalam bentuk praktek penulisan. Sehingga tujuan untuk menghasil penulis handal dalam bidang masing-masing akan bisa terwujud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar